Masuk Angin - Flu Influenza Batuk Pilek

Flu Influenza Batuk Pilek, badan Pegel-pegel dan linu,pusing dan demam sering dikatakan oleh orang sebagai penyakit masuk angin. Masuk angin,apa sih sebenarnya?

Dalam buku teks kedokteran manapun,tidak ada nama peyakit masuk angin. Masuk angin,asal muasalnya tidak diketahui dengan pasti.Siapa sih orang pertama di muka bumi ini yang mempopulerkan 'masuk angin'? Apa masuk angin pertama diucapkan bibir seorang homo sapiens? Atau mungkin yang masih erectus? Atau...paleojavanicum?

Masuk angin,yang menurut orang awam merupakan penyakit dengan gejala seperti telah saya sebutkan di atas dipandang dari sudut kedokteran barat,dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Jika yang dimaksudkan masuk angin itu gejala demam ringan,badan pegel linu,hidung meler,bersin atau bahkan disertai batuk ringan,itu adalah "Common cold" atau lebih populer dengan sebutan influenza.

Influenza, disebabkan oleh virus yang melalui udara bebas,mampir ke paru-paru kita dan ternyata tidak hanya sekadar mampir,virus itu berkembang biak dan berumah tangga di paru-paru kita. Virus ini,seperti semua virus lainnya,tidak dapat disembuhkan dengan obat. Ya,obat-obat antivirus hanyalah membantu tubuh melawan virus,lain halnya dengan antibiotik yang secara langsung menggasak bakteri.

Bagaimana kalo kita terkena influenza? Mudah,caranya istirahat cukup,makan makanan gizi seimbang,dan jaga pikiran agar tidak stres. Ah...klise... Semua orang juga bisa bilang begitu. Lho,bener..! Ingat,kan virus ga ada obatnya. Tapi yang boleh dicoba,minumlah vitamin C dosis tinggi (boleh sampai 2 gr dalam 1 hari). Untuk yang tidak punya sakit maag,silakan minum sebelum makan,karena penyerapannya akan lebih baik.Bila punya maag,minum setelah makan ya. Minumnya dalam dosis terbagi,1000 gram pagi, 1000 gram sore. Influenza yang biasa akan sembuh lebih cepat.

2. Jika yang dimaksudkan adalah punggung terasa pegal-pegal,linu-linu,leher terasa kaku itu dapat dikarenakan angin atau udara dingin yang terus-menerus menerpa kulit. Begini,dengan adanya embusan udara dingin atau angin,peredarah darah terutama di bagian permukaan tubuh (kulit) akan terganggu. Akibatnya,produk metabolisme tubuh (asam laktat) akan tertimbun dan menimbulkan efek pegal-pegal. Produk ini sama dengan produk yang dihasilkan otot sehabis olah raga. Cara mengatasinya,boleh dengan di massage. Massage atau dibantu dengan kerokan,akan memperlancar sirkulasi darah dengan sedikit melebarkan pembuluh darah (terlihat sebagai warna kemerahan di kulit). Dengan demikian produk tadi akan dibawa oleh darah untuk diubah menjadi produk yang tidak menimbulkan efek pegal-pegal.

So,jangan heran kalo dokter kesayangan Anda kadang-kadang terlihat bingung,acuh,bila ditanya soal masuk angin.

Posted in Labels: |

1 comments:

  1. Unknown Says:

    They’re amazing I especially liked the last one Solusi Menyembuhkan Penyakit Kondiloma Kutil Kelamin Tanpa operasi denature